Kalau anda sudah punya merek dan ingin mengetahui apakah merek dagang yang anda gunakan sudah didaftarkan atau belum? Atau mungkin anda mau sekedar mengecek status permohonan merek dagang?

 

Buat anda yang akan memulai usaha dengan merek sendiri, sebaiknya mulai mengecek merek dagang yang ingin anda gunakan. Anda dapat melakukan penelusuran merek yang hendak anda gunakan dan hal ini penting dilakukan. Jangan sampai sudah bisnis ternyata merek dagang yang anda pakai sudah didaftarkan orang lain.

 

Resikonya nggak kecil, karena bisa terjadi sengketa bahkan gugatan ke Pengadilan. Tentu anda tidak ingin untuk bersengketa sampai ke Pengadilankan? Karena itu sebelum menggunakan merek dagang, lebih baik cek dulu merek yang anda mau gunakan tersebut. Caranya sangat mudah.

 

Namun sebelum melakukan pengecekan merek dagang, sebenarnya apa sih merek dagang itu? Menurut UU No 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya.

 

Merek sendiri memiliki 4 fungsi penting sebagaimana dikutip dari Kabar24, dimana fungsi terpenting dan utama dari suatu merek adalah ciri pembeda dari suatu produk barang atau jasa. Fungsi yang kedua adalah sebagai tanda untuk mengenali asal barang atau jasa dari produsen mana, sementara fungsi yang ketiga adalah sebagai penentu kualitas dari suatu barang dan/atau jasa dan fungsi yang keempat adalah untuk menggambarkan jaminan kepribadian (individuality) dan reputasi.

 

Dengan keempat fungsi penting tersebut, maka sebuah merek harus memiliki perlindungan hukum. Sayangnya masih banyak pelaku usaha yang melupakan perlindungan hukum bagi sebuah merek, karena para pelaku usaha umumnya hanya berfokus pada bagaimana mempromosikan produk atau jasa merek. Padahal sebuah merek yang tidak didaftarkan akan mudah diambil pihak lain dan anda sangat mungkin terkena masalah hukum karena dianggap  menggunakan merek orang lain tanpa ijin. Oleh karena itu, pendaftaran merek sangat penting dan memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha.

 

Cara melakukan pengecekan merek dagang sangat mudah bahkan anda bisa melakukannya sambil rebahan. Anda cukup mengunjungi situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual yang beralamat di https://pdki-indonesia.dgip.go.id/

 

Selain itu, anda juga bisa melakukan pengecekan merek melalui Konsultan HKI atau melalui kantor yang menyediakan layanan pendaftaran merek, misalnya Cek HKI.

 

Dan dengan kemudahan teknologi, anda bahkan bisa mendaftarkan merek anda sendiri secara mandiri. Jika masih kesulitan anda bisa menggunakan layanan dari Cek HKI yaitu Live Tutorial Pendaftaran Merek Secara Mandiri.

 

Nah, jangan ragu untuk segera mendaftarkan merek dagang anda ya Sob!