Baru-baru ini Tri Suaka dan Zinidin Zidan sedang menjadi sorotan netizen atas kelakuan mereka yang melakukan parodi gaya bernyanyi Andika Kangen Band. Tidak hanya Andika, ternyata mereka juga turut melakukan video cover beberapa lagu milik musisi lain, salah satunya adalah Emas Hantaran ciptaan dari Erwin Agam. Namun, Erwin Agam merasa dirugikan oleh video cover yang di upload di youtube milik Tri Suaka dan Zinidin Zidan lantaran mereka mendapatkan komisi dari youtube namun tidak membayarkan royalti kepada Erwin.

Tahukah kamu bahwa menggunakan ciptaan orang lain untuk tujuan komersial wajib mendapatkan izin terlebih dahulu?

Hal ini tertulis pada Pasal 9 UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, yang menyatakan bahwa setiap orang yang melaksanakan hak ekonomi wajib mendapatkan izin atau lisensi dari pencipta atau pemegang hak cipta. Lisensi adalah izin tertulis yang diberikan oleh pemegang hak cipta kepada pihak lain untuk melaksanakan hak ekonomi atas ciptaannya atau produk hak terkait dengan syarat tertentu.

Perjanjian lisensi berlaku selama jangka waktu tertentu dan tidak melebihi masa berlaku hak cipta dan hak terkait. Dalam pelaksanaan secara komersial, si Penerima Lisensi berkewajiban untuk memberikan royalti kepada pemegang hak cipta atau pemilik hak terkait.

Apa itu yang dimaksud dengan royalti?

Berdasarkan PP No. 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik, Setiap orang dapat melakukan penggunaan secara komersial lagu dan/atau musik dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial dengan mengajukan permohonan lisensi dan membayar royalti kepada Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan/atau pemilik hak terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). Royalti adalah imbalan atas pemanfaatan hak ekonomi suatu ciptaan atau produk hak terkait yang diterima oleh pencipta atau pemilik hak terkait.

Adapun bentuk layanan publik yang bersifat komersial meliputi:

  1. Seminar dan konferensi komersial;
  2. Restoran, kafe, pub, bar, bistro, kelab malam, dan diskotek;
  3. Konser musik;
  4. Pesawat udara, bus, kereta api, dan kapal laut;
  5. Pameran dan bazar;
  6. Bioskop;
  7. Nada tunggu telepon;
  8. Bank dan kantor;
  9. Pertokoan;
  10. Pusat rekreasi;
  11. Lembaga penyiaran televisi;
  12. Lembaga penyiaran radio;
  13. Hotel, kamar hotel, dan fasilitas hotel; dan
  14. Usaha karaoke.